ARTIKEL MENARIK : :   
:  Memuat...

Sabtu, 18 Maret 2017

M. Syahri

Efek Menutup Laptop Saat Monitor Menyala

laptop 
Setiap orang pasti ingin barang kesayangannya tahan lama, contohnya laptop. Namun, dalam menempuh itu tergantung dari bagaimana kita menggunakannya.
Hal yang paling umum dilakukan dalam menggunakan laptop, salah satunya adalah menutup monitor laptop begitu saja
dalam keadaan hidup karena alasan terburu-buru atau lainnya.

    Hal tersebut seringkali dianggap hal biasa yang sepele, namun tak sedikit orang memahami bahwa efek dari hal itu bisa menyebabkan kerusakan. Kali ini Artikelklopedia akan memberikan artikel tentang Efek Menutup Laptop Saa Monitor Menyala.

  • Efek untuk LCD

Setelah digunakan, tentu komponen dalam laptop akan panas, terlebih jika digunakan cukup lama. Jika Monitor langsung ditutup, bukan tidak mungkin panas itu akan merambat ke LCD yang bisa saja meyebabkan LCD cepat rusak.
  • Bisa Saja Merusak Harddisk

Menutup laptop secara tiba-tiba secara berulang (terlalu sering) bisa  juga mengejutkan harddisk yang sedang bekerja. Dan hal itu berakibat pada rusaknya komponen harddisk dan mungkn juga harddisk mengalami corrupt.
  • Bisa Juga Berefek pada Memmory

Saat laptop sedang menjalankan suatu program atau aplikasi, memmory akan bekerja untuk menjalankannya, apalagi saat menjalankan program berat, memmory akan bekerja lebih keras, jika tiba-tiba dipaksa berhenti tentu akan berakibat buruk pada memmory tersebut.
  • Bisa Berefek pada komponen

Saat laptop dalam keadaan stand by, sebaiknya jangan dibawa pergi jalan. Karena ada arus listrik yang mengalir didalam laptop, dan dapat merusak komponen laptop karena goncangan yang tak disadari saat dibawa jalan.
  • Bisa Kehilangan Suatu Registry

Data-data program yang berjalan di sistem akan tercatat di registry. Ketika laptop tengah beroperasi dan terhenti secara tiba-tiba, data tersebut yang belum tersimpan bisa hilang atau tidak tercatat di registry.


Lalu bagaimana menggatasinya?
Untuk mengatasi hal itu, maka hindarilah menutup laptop saat stand by, jika memang dalam kondisi memaksa, sebaiknya hibernasikan dulu laptop sebelum ditutup, saat hibernasi aliran listrik didalam laptop akan terputus seperti shutdown.  Ada baiknya juga mengatur pengauran laptop untuk tidak sleep saat monitor ditutup untuk menghindari terkejutnya komponen yang tiba-tiba sleep saat stand by.
Ingatlah, "Menghindari lebih baik daripada memperbaiki"

Jika ada tambahan silahkan tulis di komentar dibawah, maaf kalau seandainya ada kesalahan.Jangan lupa LIKE halaman Facebook Blog Edukasi dengan KLIK DISINI atau melalui navigasi.
Jika ingin request artikel mengenai teknologi, Internet ataau tips, bisa melalui Halaman Facebook Blog Edukasi atau buku tamu blog ini

QUOTES
"Yang paling penting bukan bagaimana Kita menemukan yang diinginkan, tapi tentang bagaimana Kita menjaga apa yang Kita dapatkan"
-ARTIKELKLOPEDIA-

Anda Sedang Membaca Artikel :
Judul : Efek Menutup Laptop Saat Monnitor Menyala
Label : Teknologi

M. Syahri

Tentang M. Syahri -

Seorang yang tertarik dengan hal-hal seputar teknologi dan internet.
"Follow your heart and reach your dream"

39 Komentar

Write Komentar
Admin
AUTHOR
Senin, 20 Maret 2017 pukul 16.46.00 WIB delete

infonya bagus gan,mungkin akan sangat membantu untuk kedepan nanti
ditunggu artikel nantinya yang lebih inspiratif

Reply
avatar
Ari
AUTHOR
Kamis, 23 Maret 2017 pukul 14.43.00 WIB delete

Wahh saya kalo buru buru sering menutup laptop tanpa dimatikan dulu dan lupa sampe berhari hari , ternyata berbahaya ya bisa merusak laptop
Makasi info nya dan saya akan lebih menjaga agar laptop awet dan tahan lama

Reply
avatar
Antapedia
AUTHOR
Jumat, 24 Maret 2017 pukul 09.37.00 WIB delete

saya sering menutup laptop dalam keadaan on, alasannya karena sering terburu-buru dan kebiasaan.

saya akan mencoba mengikuti tips ini agar laptop bisa lebih tahan lama

Reply
avatar
Angga Gilang
AUTHOR
Jumat, 24 Maret 2017 pukul 11.06.00 WIB delete

tapi jika laptop ditutup bukannya akan menjadi mode sleep,apakah mode sleep tersebut yang berbahaya

Reply
avatar
Fadil
AUTHOR
Jumat, 24 Maret 2017 pukul 12.16.00 WIB delete

Beda hibernasi sama sleep apa ya?

Reply
avatar
Jumat, 24 Maret 2017 pukul 12.51.00 WIB delete

baru tahu gan efeknya bisa sampe gitu... makasih infonya gan..

Reply
avatar
Jumat, 24 Maret 2017 pukul 12.57.00 WIB delete

loh itu beneran?, soalnya saya sering ngelakuin itu, kalau dah terlanjur bagaimana ya ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Jumat, 24 Maret 2017 pukul 19.54.00 WIB delete

Mantap banget informasinya mas
Saya udah keseringan langsung nutup laptop pas lagi nyala karena saya piker gak apa-apa
Rupa nya dampaknya cukup berpengaruh pada laptop.Ditunggu artikel lainnya mas,mungkin berguna bagi pengguna teknologi lainnya khususnya saya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 07.07.00 WIB delete

ane sering nih kayak gini nutup laptop pas masih nyala tapi baru berefek 1 tahun kemudian, laptop ane gampang panaas dan sering mati tiba tiba

Reply
avatar
Faisol abrori
AUTHOR
Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 11.19.00 WIB delete

Iya sih mas, bahaya gitu ya, kadang kalo udh mepet, langsung tak matikan. Lagian, baterenya udh rusak. So, wajib di cz

Reply
avatar
Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 15.57.00 WIB delete

Kalau udah terlanjur sering kayak gitu gimana tuh gan?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 17.27.00 WIB delete

Aduuuh, Saya sering menutup laptop saat keadaan masih hidup,kalau tau efeknya bisa seperti itu, saya akan menghilangkan kebiasaan tersebut sebelum terjadi sesuatu pada laptop, terima kasih gan atas informasinya

Reply
avatar
Novel
AUTHOR
Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 22.41.00 WIB delete

ane pernah tuh gan ngalamin efeknya , lagi ngoding eh tiba tiba eror dan project pun ilang ..

Reply
avatar
M. Syahri
AUTHOR
Minggu, 26 Maret 2017 pukul 15.45.00 WIB delete

Klo hibernate aliraj listrik mati gan . kayak shutdown. Klo sleep aliran listrik jalan terus

Reply
avatar
Rabu, 29 Maret 2017 pukul 06.48.00 WIB delete

hal sepele kaya gitu bisa berefek fatal? padahal hampir setiap hari saya lakuin, tapi emang kayanya ada yang aneh nih sama lcd nya, apa jangan jangan efek dari kebiasaan saya itu ya min?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, 29 Maret 2017 pukul 07.28.00 WIB delete

Alhamdulillah. Akhirnya dapat dapat ilmu pengetahuan yang menurut saya sangat lengkap dan bagus. Soalnya saya sering mengalami seperti itu gan. Makasih atas tulisan nya mas.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, 29 Maret 2017 pukul 08.05.00 WIB delete

Bukannya kalau laptop di tutup otomatis kondisinya jadi sleep ya? Jadi aman aman saja

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, 29 Maret 2017 pukul 15.54.00 WIB delete

Wah saya sangat sering lakuin ini. Memang menjaga laptop adalah hal penting supaya laptop bisa tahan lama dan tidak mudah rusak

Salam
samalangaku

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, 29 Maret 2017 pukul 18.15.00 WIB delete

Wah, saya sering banget kayak gini soalnya kan kadang pas mau solat di masjid, nanti di pakai lagi lalu saya tutup deh. Itu bukannya standby ya?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Kamis, 30 Maret 2017 pukul 10.02.00 WIB delete

bang saya masih menunggu jawabannya cara mengatasinya gimana ini

Reply
avatar
M. Syahri
AUTHOR
Jumat, 31 Maret 2017 pukul 15.39.00 WIB delete

Kalo di sleep aliran listrik masih terus jalan gan.

Reply
avatar
M. Syahri
AUTHOR
Jumat, 31 Maret 2017 pukul 15.44.00 WIB delete

Kalo sleep cuma mati monitornya, listrik tetap mengalir.
Kalo hibernasi aliran listriknya mati

Reply
avatar
M. Syahri
AUTHOR
Jumat, 31 Maret 2017 pukul 15.46.00 WIB delete

Ya berhenti nglakuin itu gan :)

Reply
avatar
M. Syahri
AUTHOR
Jumat, 31 Maret 2017 pukul 15.48.00 WIB delete

Wah bisa jadi mas, jangan terusin dah nglakuin itu

Reply
avatar
M. Syahri
AUTHOR
Jumat, 31 Maret 2017 pukul 15.50.00 WIB delete

Iya karena tetap standby jadi kalo ditutup ada kemungkinan panas dari dalam mengalir ke lcd

Reply
avatar
M. Syahri
AUTHOR
Jumat, 31 Maret 2017 pukul 15.52.00 WIB delete

Wah kalo sudah kena efeknya berhenti ngelakuin itu gan untuk mencegah hal lain. Kalo sudah kena efek kan jadi repot

Reply
avatar
Kurazone Net
AUTHOR
Senin, 03 April 2017 pukul 00.08.00 WIB delete

Saya sering melakukan hal ini..menutup layar laptop langsung atau mendadak... Namun alhamdulillah laptop saya masih baik baik saja..mungkin laptop saya termasuk laptop yg sekarang sudah dilengkapi fitur otomatis sleep atau standby saat layar mendadak ditutup... Jadi aman aman aja deh...Hehe..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Senin, 03 April 2017 pukul 05.39.00 WIB delete

ini yang paling sering saya lakukan sewaktu buru-buru, ternyata bikin cepet rusak. memang lebih baik kalo disleep manual dulu sih, tapi ya namanya buru-buru gan.

Reply
avatar
Asmirizani
AUTHOR
Senin, 03 April 2017 pukul 07.19.00 WIB delete

Saya sering sekali menutup layar laptop dalam keadaan menyala. Setelah membaca artikel ini mengingatkan saya untuk tidak melakukan hal tersebut. Pernah juga laptop bermasalah pada layarnya. Seperti yang dijelaskan poin 1 berefek pada LCD

Reply
avatar
uzze
AUTHOR
Selasa, 04 April 2017 pukul 12.52.00 WIB delete

Kalau menurut saya yang lebih terasa dampaknya ke monitor mas, karena pengaruh dari flexibel yg terhibung ke layar yang terlampau panas karena arus listriknya tetap menyala. Flexibel akan rusak dan putus hingga layar bisa blank.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Minggu, 09 April 2017 pukul 09.30.00 WIB delete

Ohh Begitu Efek Sampingnya, Mudahan Aja Yang Baca Artikel Ini Semuanya Pada Sadar Bahwa Menutup Laptop Saat Monitor Menyala Itu Bisa Menyebabkan Kerusakan Pada Laptop Tersebut Thanks Gan :)

Reply
avatar
admin
AUTHOR
Selasa, 11 April 2017 pukul 10.02.00 WIB delete

Wah kelakuan saya nih mas, saya sering menutup laptop dalam kedaan menyala, tetapi dengan mode sleep. Bagaimana nih mas sudah saya lakukan 5 bulan terakhir ini .dg melihat artikel jni saya akan berusaha melalukan perawatan untuk menghindari efek seperti ini.salam #Jomblogger

Reply
avatar
Surahman Budi
AUTHOR
Minggu, 16 April 2017 pukul 13.04.00 WIB delete

menutup laptop secara terburu buru mungkin itu alasan tepat nya mas, saya sering mengalamin hal ini, dah hasilnya, ketika berpindah tempat dan mengeluarkan laptop, kondisi laptop dalam keadaan panas, dan yang sering nya itu selain panas yang berlebihdan habis baterai. kekagetan nya ya itu takut laptop tidak nyala lagi, karena panas nya yg menurut saya berlebih.

Reply
avatar
Rehan Firdaus
AUTHOR
Selasa, 16 Mei 2017 pukul 10.51.00 WIB delete

Wah saya keseringan ngelakuin hal diatas, ternyata banyak juga ya dampak negativenya, btw makasih mas infonya

Reply
avatar
Tisjsjshsh
AUTHOR
Rabu, 17 Mei 2017 pukul 05.39.00 WIB delete

Informasi yang sempurna om. Saya kira menutup laptop tidak akan berpengaruh pada komponen laptop dalam keadaan sleep. Memangnya sleep sama hibernasi itu beda ya?

Reply
avatar
Kamis, 18 Mei 2017 pukul 16.31.00 WIB delete

saya sering tuh kang nutup laptop kalau terburu2 , wah parah resikonya...

Reply
avatar
Admin
AUTHOR
Jumat, 19 Mei 2017 pukul 20.55.00 WIB delete

Wah jadi begini dampak nya, saya sering melakukan itu gan, waktu terburu - buru, Thanks infonya gan

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"