ARTIKEL MENARIK : :   
:  Memuat...

Kamis, 04 Mei 2017

M. Syahri

Perlunya Kesadaran Internet Bagi Remaja

Kesadaran Internet

Teknologi berkembang dengan sangat pesat. sedikit demi sedikit semakin menggantikan aspek konvensional dengan aspek modern yang serba digital. Salah satu yang berkaitan adalah dunia internet (Cyber World) yang terus berkembang dalam berbagai hal untuk memudahkan urusan para penggunanya.

Internet, mungkin saat ini sudah menjadi trend dan sebagai  aspek keseharian yang tak tak bisa terlepaskan dari kehidupan para penggunanya. Misalnya untuk Chatting, browsing, sharing yang meupakan aspek yang sangat penting dalam berkomunikasi. Internet juga menjadi pokok utama dalam berbagai kepentingan tertentu. Bisa juga sebagai sumber informasi yang dapat Kita peroleh dari berbagai belahan dunia. Bahkan saat ini anak-anak usia dini pun sudah bisa mengakses internet, sebagai bukti pesatnya perkembangan internet.
Searah dengan begitu pesat perkembangannya, perlu disadari juga bahwa dunia internet (Cyber World) tak hanya memberi segudang manfaat untuk penggunanya, namun bisa juga berdampak pada hal negatif untuk penggunanya. Apapun dampak yang diperoleh dari internet, baik positif maupun negatif, itu semua tergantung dari bagaimana Kita menggunakannya. Jika Kita menggunakannya untuk hal-hal yang positif, tentu internet akan bermanfaat positif untuk Kita, namun sebaliknya, ketika Kita menggunakan internet untuk hal negatif, berarti internet juga telah memberikan dampak negatif.

Salah satu Hal negatif dalam perkembangan internet yang perlu dikawatirkan adalah dampak negatif bagi para remaja, Kita mungkin sering mendengar informasi tentang hal negatif yang terjadi pada remaja terkait dengan adanya internet. Internet bisa dibalang rawan , karena internet memuat semua aspek dari berbagai belahan dunia dan tak mudah untuk membatasi konten didalamnya. Hal yang sulit dibatasi tersebut bisa berakibat buruk pada remaja, misalnya :
  • memungkinkan remaja untuk mengakses suatu hal yag tak pantas, yang merupakan hal yang paling marak terjadi
  • dapat mengganggu pola pikir remaja
  • dapat berpengaruh juga pada mentalnya, dan berbagai dampak lainnya.
Seperti yang Kita tahu, untuk mengurangi dampak negatif penggunaan internet di negara tercinta ini, pemerintah telah berusaha untuk membatasi akses tak senonoh di internet dengan melakukan pemblokiran (internet positif) situs-situs yang menyesatkan. Namun meski begitu, hal itu tidak terlalu berpengaruh dalam dunia teknologi yang serba modern ini.

Untuk itu, dalam mewujudkan penggunan internet yang positif bagi para remaja, kita sebagai penggunanya (terutama remaja) perlu kesadaran akan semua itu, kita perlu mawas diri dari hal yang menyesatkan di dunia internet.  Dalam menggunakan kecanggihan teknologi internet, ada baiknya Kita menjadi pengguna yang bijaksana. Menggunakan internet dengan memanfaatkannya untuk berbagai hal yang lebih menguntungkan, daripada Kita menggunakan internet untuk hal yang tak berguna, atau justru membahayakan kita.

Apalagi para pelajar, ada banyak sekali manfaat di internet yang dapat Kita temukan , seperti update informasi, mencari berita, menjadikan sumber pembelajaran dan berbagai hal positif lainnya. Sadarlah bahwa Kita perlu mengejar masa depan cerah didepan sana dan mewujudkan semua tujuan Kita. Jangan sampai perjalanan mengejar masa depan itu runtuh.

Untuk mewujudkan adanya kesadaran ber-internet, Kita dapat melakukan beberapa hal untuk menghindari dampak negatif, antara lain :
  • Gunakan kecanggihan internet untuk hal bermanfaat 
Gunakanlah kecanggihan internet untuk berbagai keperluan yang bermanfaat. Banyak sekali hal bermanfaat yang dapat diperoleh. Jangan hanya menggunakan internet sekedar untuk bermain social media saja
  • Selalu menyaring Informasi yang didapat dari internet
Memilah informasi yang bersumber dari internet sangat perlu Kita lakukan. Jangan sembarangan mengambil informasi dari sudut pandang yang sempit. Cari tahu dulu kebenaran informasi yang didapatkan
  • Kurangi menggunakan internet untuk hal yang kurang baik
    Internet itu luas. Akan sia-sia jika Kita menggunakannya hanya untuk hal yang kurang bermanfaat, apalagi terlalu sering menggunakan internet untuk hak-hal ilegal.
  • Batasi penggunaan dunia maya dan lakukan sesuatu yang mengarah ke hal positif
    Internet memang luas, tapi dunia ini lebih luas. Temukan jati dirimu dalam dunia nyata. Jangan terpaku pada dunia maya. Lihatlah keindahan sekelilingmu dan lakukan hal yang positif.
  • Bijaksana dalam memilah konten di Internet
    Bijaksanalah dalam memilah konten. Tentunya Kita tahu mana yang baik bagi Kita dan mana yang berdampak buruk bagi Kita. Kebijaksanaan adalah salah satu kunci dalam mewujudkan kesadaran internet.
  • + Kunjungi terus artikelklopedia.blogspot.co.id untuk menambah wawasan Kita
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang dunia teknologi, baca terus artikel di Artikelklopedia.
Dengan menggunakan internet secara bijaksana, maka diharapkan upaya mewujudkan internet yang sehat dapat tercapai.

Quotes :
“Pandanglah jauh kedepan untuk masa cerahmu, dan menolehlah untuk mendapatkan motivasimu. Jati dirimu ada dalam genggamanmu”
ARTIKELKLOPEDIA

SIlahkan Like halaman Facebook Blog Edukasi untuk mendapatkan info update artikel atau request artikel teknologi melalui sidebar blog atau klik disini


Anda membaca artikel :
Judul : Perlunya Kesadaran Internet Bagi Remaja
Label : Internet 

M. Syahri

Tentang M. Syahri -

Seorang yang tertarik dengan hal-hal seputar teknologi dan internet.
"Follow your heart and reach your dream"

12 Komentar

Write Komentar
Angga Gilang
AUTHOR
Selasa, 16 Mei 2017 pukul 19.38.00 WIB delete

Memang perlu batasan bagi para remaja dalam menggunakan internet. Terutama dalam mengkases hal-hal yang negatif.

Reply
avatar
Selasa, 16 Mei 2017 pukul 22.04.00 WIB delete

Sip tuh bagi remaja kayak saya perlu batasan dalam ber sosial media

Reply
avatar
Masirwin
AUTHOR
Rabu, 17 Mei 2017 pukul 05.08.00 WIB delete

Gunakan internet seperlunya, terkadang pelajar sekarang tergantung dengan mbah google dibandingkan buku untuk mencari referensi

Reply
avatar
Teguh tri s
AUTHOR
Rabu, 17 Mei 2017 pukul 05.12.00 WIB delete

Memang generasi sekarang, agak berbeda dengan generasi-generasi seblumnya. Mereka lebih cepat cepat mengenal teknologi. Perlu ditanamkan sejak dini, bahwa mereka hanya boleh memanfaatkan internet hanya untuk kegiatan positif dan tidak boleh berlebihan. Orang tua juga dituntut berperan dalam mengawasi dan membatasi kegiatan yang dilakukan oleh anak mereka di dunia internet. Saya rasa jika itu dilakukan, manfaat internet bisa diambil secara maksimal.

Reply
avatar
Chord gitar
AUTHOR
Rabu, 17 Mei 2017 pukul 06.00.00 WIB delete

kesadaran internet bagi remaja itu penting banget

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, 17 Mei 2017 pukul 15.11.00 WIB delete

iya gan, manfaat internet buat masa depan sangat berpengaruh, bisa berpengaruh baik bisa juga berpengatuh jelek, semua itu tergantu cara penggunaannya, semoga aja internet sekarng ini digunakan untuk yang baik, seperti yang bdijelaskan diatas. terima kasih ada ilmunya mas.

Reply
avatar
Mycotta
AUTHOR
Rabu, 17 Mei 2017 pukul 17.47.00 WIB delete

Wah..benar juga kata agan...

Gw gunain Internet ini untuk surfing tak terbatas ..dan gak sadar..ane udah nyampe di mana surfingnya

Reply
avatar
uzze
AUTHOR
Rabu, 17 Mei 2017 pukul 23.06.00 WIB delete

Memang sudah waktunya para remaja waspada dan bijak dalam menggunakan teknologi digital, sisi posif dan negatifnya perlu diperhatikan supaya tidak terjerumus kepada perilaku dan kebiasaan yang salah

Reply
avatar
Adityappi
AUTHOR
Jumat, 19 Mei 2017 pukul 04.25.00 WIB delete

Memang banyak sekali positif dan negatifnya dalam internet namun menurut saya remaja cuma butuh memilih mana konten yang wajar untuk umur si remaja ini

Reply
avatar
Kurazone Net
AUTHOR
Jumat, 19 Mei 2017 pukul 19.28.00 WIB delete

dijaman sekarang kemajuan dan kebutuhan internet bagi remaja seperti menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa terlepas dari kehidupan.,., sayangnya hal tersebut masih belum bisa termanajemen dengan baik sehingga muncul penyalahgunaan internet dikalangan remaja.,.,

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Minggu, 21 Mei 2017 pukul 21.46.00 WIB delete

memang sangat perlu melihat banyak remaja yang salah dalam menggunakan internet saat ini. perlu banyak sosialisasi dan bagaimana memanfaatkan internet

Reply
avatar
Kamis, 01 Juni 2017 pukul 20.48.00 WIB delete

seperti yang dikatakan diatas mas, sekarang rata rata remaja pada umumnya menggunakan internet hanya untuk hal hal yang negatif

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"