ARTIKEL MENARIK : :   
:  Memuat...

Senin, 24 Juli 2017

M. Syahri

Hal yang Seakan Hilang Akibat Perkembangan Teknologi

Perkembangan Teknologi - Artikelklopedia

Teknologi, sebenarnya dikembangkan untuk membantu mempermudah semua kebutuhan manusia dalam berbagai aspek tertentu. Dan diharapkan manusia dapat lebih produktif lagi.
Namun disisi lain, disamping berbagai keuntungan yang diberikan, pesatnya teknologi justru dapat mengakibatkan dampak yang buruk, yaitu ketergantungan terhadap teknologi. Bahkan mungkin Kita sendiri sudah terkena dampak dari ketergantungan teknologi.

Ketergantungan terhadap teknologi bahkan bisa juga mengakibatkan beberapa hal seakan hilang, seperti berikut ini misalnya.

Kemampuan Untuk Berhitung

Menghitung dengan kalkulator, adalah pilihan yang selalu dipilih oleh semua orang. Apalagi saat ini sudah muncul berbagai macam kalkulator dengan berbagai fitur perhitungan yang disediakannya. Dalam setiap perangkat handphone dan komputer sudah pasti ada kalkulator yang lebih kaya fiturnya. Hal tersebut dapat mempermudah manusia dalam melakukan perhitungan. Disisi lain, karena selalu mengandalkan kalkulator, secara perlahan kemampuan menghitung akan menurun dan tergantikan oleh kalkulator.

Kemampuan Menyaring Berita Fiktif (Hoax)

Pesatnya dunia informasi tentu menguntungan banyak hal. Semua orang dapat lebih mudah saling bertukar informasi dengan siapapun, mengetahui suatu hal lebih cepat, dan lainnya. Namun disamping berbagai keuntungannya, dengan berkembang pesatnya dunia informasi, memungkinkan oknum tak bertanggung jawab mengedarkan berita palsu pada khalayak, dan hal tersebut yang akhir - akhir ini marak terjadi di internet. Karena berita palsu biasanya terlihat meyakinkan, banyak orang yang dengan mudahnya mempercayai berita palsu tersebut tanpa mengecek kebenarannya.

Berkomunikasi Secara Langsung

Saat ini, untuk berkomunikasi secara tatap muka tak perlu saling bertemu. Hanya dengan video call, orang bisa berkomunikasi sambil bertatap muka tanpa bertemu.  Hal ini memang inovasi yang sangat bagus, tapi orang menjadi lebih malas untuk bertemu orang lain secara langsung.

Kebiasaan Menulis

Di era yang modern ini, kebiasaan menulis seolah tergantikan dengan kebiasaan mengetik. Didukung dengan adanya berbagai fitur di perangkat baik komputer maupun smartphone yang semakin lengkap. Misalnya menulis memo, menulis  jadwal, dan lainnya. Bahkan ada buku harian digital. Hal tersebut mengakibatkan kebiasaan seakan hilang.

Mencari Arah Secara Konvensional

Saat ini, mencari arah bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan menggunakan smartphone Kita bisa tahu arah mana saja, bahkan navigasi untuk pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi pun bisa Kita ketahui. Hal ini adalah inovasi yang menggantikan sisi navigasi. Kini mencari arah dengan konvensional sudah sangat jarang.

Mungkin masih banyak lagi hal - hal lain yang saat ini seakan hilang seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Jika ada tambahan, tuliskan tambahannya di kolom komentar.

Quotes : "Tak selalu persepsi mereka sama dengan persepsi yang keluar dari nurani kita, nurani setiap orang berbeda, maka sadarilah perbedaan itu dan yakinlah pada nuranimu"

-ARTIKELKLOPEDIA-
LIKE halaman Facebook Blog Edukasi untuk mendapatkan informasi update artikel terbaru atau berlangganan via email. Jika ingin request artikel seputar teknologi,silahkan kirim melalui halaman contact us.

Anda Membaca Artikel :
Judul  : Hal  yang Seakan Hilang Seiring Perkembangan Teknologi
Label : Teknologi

M. Syahri

Tentang M. Syahri -

Seorang yang tertarik dengan hal-hal seputar teknologi dan internet.
"Follow your heart and reach your dream"

9 Komentar

Write Komentar
Kabardevicer
AUTHOR
Senin, 24 Juli 2017 pukul 10.10.00 WIB delete

bagus nih info sangat memberikan ilmu pengetahuan gan, saya jadi mengetahui teknologi yng aklan hilang di jaman modern

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Senin, 24 Juli 2017 pukul 10.45.00 WIB delete

Mantap nih, bener banget kita jadi males ngitung karena perkembangan teknologi saat ini, karena ada kalkulator

Reply
avatar
MR Sana
AUTHOR
Senin, 24 Juli 2017 pukul 11.11.00 WIB delete

Bener nih kemampuan berhitung jaman sekarang sudah mulai mengurang berkat adanya mesin penghitung :(

Reply
avatar
Senin, 24 Juli 2017 pukul 11.47.00 WIB delete

Betul banget tuh mas. Berita hoax masih sangat sulit untuk diatasi :)

Reply
avatar
Kabardevicer
AUTHOR
Selasa, 25 Juli 2017 pukul 09.38.00 WIB delete

makasih mas, semoga dengan ilmu ini kapan - kapan dapat berguna bagi saya, thanks

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Selasa, 25 Juli 2017 pukul 09.38.00 WIB delete

Benar sekali mas, mencari arah konvensional memang sangat bagus.

Reply
avatar
Activian
AUTHOR
Selasa, 25 Juli 2017 pukul 09.41.00 WIB delete

Dengan munculnya teknologi memang sangat berpengaruh bagi kehidupan kita gan, tapi mudah2 an dengan artikel ini kita bisa menanggulanginya gan, nice info..

Reply
avatar
Kamis, 19 April 2018 pukul 15.05.00 WIB delete

Pendapatan tukang para jasa angkutan seperti tukang ojek, angkot, becak menurun drastisss

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"